PTC TOP

Minggu, 10 Juli 2016

Pizza


Inspirasi resep dari mba Vita Citra.
Saya pake ½ resep, jadi 2 loyang pizza tipis

Bahan:
•500 gr terigu protein tinggi (saya pake segitiga biru)
•5 gr ragi instant (saya pake mauripan)
•2 sdt gula pasir
•50 ml minyak sayur (saya pake minyak biji bunga matahari)
•10 gr garam
•375 ml air hangat

Topping:
•Saus bolognaise (saya pakai merk san remo)
•Sosis (saya tambah tuna kaleng)
•Bawang bombay cincang

Bahan saus putih pengganti keju mozzarella:
•1 sdt margarin
•1 sdm bawang bombay cincang
•1 sdm tepung terigu
•250 ml susu cair (3 sdm susu bubuk + air hingga menjadi 250 ml)
•Sedikit merica
•Sedikit garam
•Keju parut secukupnya (saya pake keju kraft, 2 genggam)

Cara membuat saus putih:
Saya bikin 2 resep buat persediaan, satu resep saus putih dikalikan dua.
•Larutkan susu dengan terigu, sisihkan.
•Panaskan margarin, tumis bawang bombay, masukkan larutan susu, merica, garam dan keju, sambil terus di aduk, biarkan dingin, siap untuk dijadikan topping pizza.
•Kalau ada sisa, simpan di toples kaca, simpen di kulkas.

Cara membuat pizza:
•Larutkan ragi dengan sebagian air hangat (kira-kira setengah gelas), aduk rata, biarkan 5 menit hingga ragi berbusa.
•Di wadah berbeda, masukkan tepung terigu, gula, aduk rata, masukkan larutan ragi dan sisa air hangat, uleni hingga setengah kalis, masukkan minyak dan garam, uleni hingga kalis elastis.
•Bulatkan adonan dan tutup rapat dengan cling wrap atau serbet lembab, biarkan 40 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat dari besar adonan semula.
•Kempiskan, bagi menjadi 2 atau lebih sesuai dengan ukuran pizza yang diinginkan, giling adonan menjadi pipih dan tatah di loyang yang telah dioleh margarin.
•Biarkan selama 10-15 menit, tusuk-tusuk bagian tengah adonan dengan garpu, beri topping sesuai selera.
•Biarkan lagi hingga terlihat agak mengembang, beri saus putih, panggang hingga matang (saya pakai oven listrik, 180c dan 50 menit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar