PTC TOP

Minggu, 30 Oktober 2016

Roti maryam original


Bahan-bahan

500 gr terigu serbaguna
50 gr terigu untuk cadangan bila masih lembek
2 sdm susu bubuk full cream (aku pakai susu dancow 4 sdm)
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir (biar ada rasa manisnya dikit aku pakai 4 sdm)
1 butir telur utuh
1 butir kuning telur
225 air hangat (bukan panas lho ya)
55 ml minyak goreng/minyak zaitun
200 gr margarin buat olesan
minyak goreng secukupnya untuk oles adonan

+

Langkah

Campur terigu + gulpas + garam + susu bubuk.
+

Di wadah tepisah campur telur utuh dan kuning telur + air hangat + minyak goreng kocok lepas sampai tercampur (kocok pakai wish biasa).
+

Campur tepung dengan bahan cair tadi lalu ulen sampai kalis, bila kelembekan bisa ditambah terigu sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
+

Setelah kalis bagi adonan masing 50-60 gr atau 16-18 bagian bulet2 in lalu olesin minyak goreng adonan tadi biar ga lengket(aku kasih 3 sdm minyak buat rendam adonan biar ga nempel) tutup adonan di wadah dengan lap bersih yg di basahin/plastik wrap kurleb 40 menit s/d 1 jam.
+

Stelah 40 mnt an ambil adonan pipihkan dg rolling pin/botol sampai pipih seperti tukang martabak telur, lalu olesi semua permukaan dengan margarin agak banyak lalu digulung kecil sampai tergulung semya permukaan dan jadinya seperti stick.kalau bisa di ulurkan supaya panjang tp jgn sampai putus ya..
+

Gulung seperti obat nyamuk dengan sisi satu dan yg satunya berlawanan.
+

Lalu tangkupkan sisi kanan dan kiri jd satu. Lalu tekan sampai pipih.
+

Panaskan teflon, panggang diatas teflon anti lengket (tanpa minyak ya) tekan2 sampai mengeluarkan minyak dan harum lalu balik dan tekan2 lagi spt tadi, warna agak sedikit coklat angkat, bisa langsung dimakan hangat-hangat. Atau setelah dipanggang dinginkan dan simpan dalan tempat kedap udara dan simpan di kulkas. Jika ingin dihidangkan tinggal di panggang lagi sampai matang.
+

Catatan: - bisa pakai isian kacang yg sudah ditumbuh dan disangrai dan campur sedikit gula biar manis, caranya sama saat menggulung dikasih margarin dan di taburin bubuk kacang batu digulung/diwiru kecil2 sampai tergulung semua spt stick. - roti cane original bisa dimakan bareng gulai, bisa gulai kambing, gulai ayam atau gulai nangka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar